3 min read

Windows Package Manager, menyuruh Windows melakukan install atau delete aplikasi

Windows Package Manager, menyuruh Windows melakukan install atau delete aplikasi

"Windows, install Firefox!" dan Windows akan otomatis mencari dan install Firefox.

Pernah kamu ingin install aplikasi tapi bingung cari tempat downloadnya di browser? atau malas buat buka browser atau Microsoft Store. Kamu bisa pakai layanan bernama Windows Package Manager.

Windows Package Manager dikenal sebagai winget. Misal kamu tinggal ketik winget install firefox untuk mengunduh dan menginstal browser Firefox secara otomatis.

Winget ini tersedia di Windows 10, versi 1809 dan yang lebih baru.

Cara Menggunakan Winget untuk Mengunduh Aplikasi dengan Cepat

Buka aplikasi Windows PowerShell, juga bisa memakai Command Prompt. Ketik winget untuk melihat daftar perintah yang bisa kamu pakai.

winget

Apa yang hebat tentang perintah winget adalah ia terhubung ke repositori aplikasi paket yang ada, sehingga Anda dapat dengan cepat menemukan apa yang Anda cari jika Anda sudah mengetahui nama aplikasinya.

Pengecualian adalah jika ada lebih dari satu versi aplikasi dengan nama yang hampir mirip; mengetik winget install opera, misalnya, akan keluar pilihan untuk browser game Opera GX atau browser Opera biasa.

winget install opera

winget search diikuti dengan nama paket adalah cara mencari aplikasi yang ingin kamu install.

winget search brave

Kalau mau lihat aplikasi apa yang terinstall di PC kita tinggal ketik winget list. Di perintah ini juga akan keliatan apakah ada aplikasi di PC kita yang butuh untuk di upgrade.

winget list

Perintah winget upgrade bisa digunakan untuk upgrade versi aplikasi. Walaupun ini mungkin tidak diperlukan, karena banyak aplikasi hanya akan memutakhirkan sendiri secara otomatis atau meminta Anda melakukannya saat berikutnya Anda memulai ulang.

winget upgrade spotify
winget upgrade epicgames

Cara Menggunakan Winget untuk Menghapus Aplikasi

Untuk melakukan uninstall aplikasi maka bisa memakai perintah: winget uninstall dan secara otomatis winget akan melakukan proses uninstall tanpa kita harus membuka add/remove program.


Kompleksitas aplikasi Microsoft Store dan keterbatasan isinya telah menjadi masalah bagi pengguna Windows.

Microsoft diperkirakan akan merombak Microsoft Store bersamaan dengan Windows 11. Winget adalah alternatif yang bagus sementara menunggu.

Ada komentar atau masukan? silahkan lewat Discord devilpenakut atau lewat Twitter.